Langsung ke konten utama

Cara Cek BI Checking, Untuk Cek Status Kredit di Bank

Cara Cek BI Checking untuk mengetahui apakah Anda bermasalah dengan kredit bank ataukah tidak. Setiap orang tentu ingin memiliki sebuah usaha sebagai penghasilan sampingan. Nah, untuk menjalankan usaha itu sendiri kita pasti membutuhkan yang namanya modal. Modal ini bisa diperoleh dari mana saja, mulai dari pinjaman ke teman hingga ke bank. Akan tetapi, rata-rata setiap orang memutuskan untuk mendapatkan modalnya dengan meminjam uang ke bank. Bank memang memiliki banyak peranan bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan fasilitas kredit di bank.


Cara Mudah Mengecek BI Checking,Cara Cek BI Checking,BI CHECKING,BI CHECKING ONLINE,

Baca juga : Cara Cek Barang di TIKI Dengan Fitur Tracking TIKI

Jika kita bisa memanfaatkan jasa layanan  perbankan secara optimal, kita pasti bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas untuk kebutuhan usaha yang dijalani. Akan tetapi, jika ternyata kita memiliki masalah dengan jasa perbankan maka secara otomatis kita tak bisa lagi menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh pihak bank, khususnya fasilitas kredit ini. Sehingga apabila seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan kredit, maka pihak bank juga akan mempersulit Anda untuk mendapatkan fasilitas kredit yang kedua kalinya. Adapun untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah yang berkaitan dengan salah satu bank ataukah tidak, maka di sinilah kita perlu mengetahui cara cek BI checking.
Melalui BI checking inilah, maka Anda bisa mengetahui secara detail mengenai data keuangan yang Anda berdasarkan database yang ada di Bank Indonesia.

Ada beberapa tips cara cek BI checking dengan mudah seperti berikut ini:

  • Datang langsung ke Bank yang bersangkutan

Tips untuk mengecek apakah Anda masih memiliki masalah kredit yang belum terselesaikan ataukah tidak, maka Anda bisa mencoba untuk mendatangi bank yang bersangkutan terlebih dahulu. Dengan mendatangi pihak bank secara langsung maka Anda bisa memperoleh data keuangan yang sangat valid. Namun, apabila Anda ternyata masih memiliki persoalan kredit yang sampai sekarang belum terselesaikan. Maka Anda tentunya akan dipersulit oleh pihak bank untuk menanyakan status di bank yang bersangkutan tersebut.
  • BI Checking Online

Berikutnya adalah dengan mengecek secara online. Bank Indonesia atau BI mempunyai database atau nama-nama nasabah baik secara korporasi maupun individu yang sedang atau telah dijatuhi sanksi karena telah merugikan bank. Menurut peraturan yang terdapat di Bank Indonesia pada No.9/14/PBI/2007 tentang SID atau Sistem Informasi Debitur yang pelaksanaannya ditujukan demi kelancaran prosedur keuangan, identifikasi terhadap kualitas debitur dan aplikasi tentang manajemen resiko. 

Hal ini bertujuan untuk menerapkan sistem disiplin pasar SID sendiri dikelola oleh BIK atau Biro Informasi Kredit. BIK ini memiliki peranan untuk melakukan stimulus terhadap perkembangan ekonomi tinggi melalui pemberian kredit. Adapun cara untuk mengecek BI Checking ini melalui akses ke website resmi BI. Di sinilah Anda akan menjumpai link yang berisi tentang database yang Ada minta. Melalui link tersebut Anda harus mengisi kelengkapan formulir online dan nantinya pihak BI akan langsung mengirimkan notifikasi melalui email.

Nah, itulah dua tips cara cek BI Checking dengan mudah agar Anda bisa mengetahui status riwayat data keuangan Anda di bank.


Theme Editor by Seo v6