3 Cara Cek Dead Pixel yang Mudah dan Sederhana

Cara Cek Dead Pixel - Apakah Anda sedang mencari cara cek dead pixel pada handphone Anda? Jika iya, Anda dapat membaca dan menyimak uraian berikut ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara pengecekannya, ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan dead pixel terlebih dahulu. Dead pixel merupakan salah satu masalah atau kerusakan yang terjadi pada layar atau LCD handphone Anda. Masalah ini sering terjadi pada smartphone, namun selain jenis handphone lain juga dapat mengalami dead pixel. Bahkan layar komputer, layar laptop, PSP, notebook, dan lain sebagainya juga dapat mengalami dead pixel.

cara cek dead pixel sony xperia,cara cek dead pixel lg,cara cek dead pixel moto g,dead pixel iphone,dead pixel pada laptop,dead pixel himax pure 3,dead pixel zenfone 5,dead pixel monitor,

Baca juga : Cara Cek Daftar Tunggu Haji Secara Online

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengecek dead pixel, ketahui juga penyebab terjadinya dead pixel. Masalah layar handphone ini sering terjadi karena terjatuh, terkena air ataupun terkena goncangan yang sangat keras. Atau bahkan karena handphone Anda sudah cacat produksi sejak awal. Untuk itu sebaiknya hindari beberapa faktor yang dapat menyebabkan handphone Anda terkena dead pixel. Banyak orang yang ingin mengecek smartphonenya apakah terkena dead pixel atau tidak. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin mengecek dead pixel handphone Anda, simak baik-baik ulasan berikut.

Pada dasarnya, pengecekan dead pixel ini dapat dilakukan secara mudah. Ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah handphone atau smartphone Anda mengalami dead pixel.

Ini dia cara cek dead pixel yang dapat Anda lakukan dengan mudah

1. Menggunakan kode rahasia

Cara yang pertama untuk mengecek dead pixel yaitu dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia ini merupakan menu rahasia yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek kondisi spesifikasi lengkap smartphone Anda. Kode rahasia tersebut memang berbeda-beda untuk setiap perangkatnya. Untuk Anda yang memiliki smartphone Samsung, Anda dapat menekan *#0* #. Namun jika smartphone Anda Sony, tekan *#*#7378423#*#* dan jika HTC tekan *#*3424#*#. 

2. Menggunakan kamera

Cara mengecek dead pixel yang satu ini cukup mudah untuk Anda lakukan, hanya menggunakan kamera smartphone Anda. Caranya cukup mudah, aktifkan kamera Anda untuk mengambil gambar. Setelah itu tutup lensa kamera sampai tampilan smartphone Anda terlihat gelap. Usahakan agar tidak ada cahaya yang masuk, jika perlu lakukan di tempat yang gelap. Selanjutnya, ambillah gambar lalu lihat hasilnya di tempat yang gelap pula. Jika layar smartphone Anda hanya menampilkan tampilan gelap maka layar smartphone Anda baik-baik saja. Begitu juga sebaliknya, jika terlihat titik-titik terang maka smartphone Anda terkena dead pixel. 

3. Menggunakan aplikasi dead pixel

Yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi dead pixel. Anda dapat menemukan dan mengunduh aplikasi ini di Google Play. 

Selain titik-titik terang, dead pixel ini juga menampilkan warna yang lebih gelap. Atau bahkan dead pixel menampilkan warna yang jauh berbeda dari warna aslinya. Itulah yang dapat disampaikan, jika Anda penasaran mengenai kondisi layar smartphone Anda cobalah cara cek dead pixel tersebut.