Cara Cek Laporan BOS Online Lebih Mudah, Hemat Waktu dan Tenaga

Cara Cek Laporan BOS Online - Untuk kesejahteraan para pelajar, maka pemerintah menyalurkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Bantuan tersebut dapat diterima oleh masing-masing siswa mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas setiap bulannya. Bahkan untuk siswa yang kurang mampu mendapatkan bantuan pendampingan BOS. Terlebih dahulu bantuan tersebut didistribusikan ke provinsi-provinsi lalu didistribusikan ke sekolah-sekolah. Sebelum dana tersebut sampai di sekolah, sebenarnya bapak dan ibu guru dapat cara cek laporan BOS online. Hal ini untuk mengetahui berapa nominal dana yang disalurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyangkut kebutuhan untuk para siswa. 

laporan bos k7a online,laporan bos online,laporan bos,laporan bos 2013 excel,dana bos sekolah swasta,cara pelaporan bos online,juknis bos 2015,

Baca juga : Cara Cek Kuota XL Paket Hotrod 3G+

Cara Untuk Cek Laporan Dana BOS Secara Online, Yaitu:

  • Membuka website resminya

Laman http://salur.BOS.kemdikbud.go.id ini merupakan laman resmi dari Kemdikbud mengenai penyaluran dana. Ketika Anda membuka laman tersebut, maka akan terdapat informasi mengenai daftar informasi umum penyaluran ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Penyaluran tersebut meliputi triwulan I, triwulan II, triwulan III, dan triwulan IV. Pada bagian kiri atas terdapat tahun penyaluran dana BOS. Pilih tahun berapa yang akan Anda cek, misalnya tahun 2016. 
  • Klik nominal dana BOS pada provinsi tujuan Anda

Sebelum Anda mengetahui dana untuk sekolah Anda, laporan BOS online adalah Anda harus klik nominal dana BOS pada provinsi di mana sekolah Anda berada. Setelah itu, maka akan muncul nama-nama sekolah yang sudah mendapatkan saluran dana BOS sekaligus rincian besarnya jumlah dana tersebut. Anda dapat mencari sekolah Anda pada jajaran sekolah-sekolah di provinsi tersebut dengan memeriksa list daftarnya satu persatu.
  • Manfaatkan Kolom Search

Daripada terlalu lama mencari nama sekolah dengan melihat satu persatu daftar sekolah di seluruh provinsi tempat Anda mengajar, maka gunakanlah kolom search untuk memudahkan mencari sekolah Anda. Pada tahap ini adalah dengan mencarinya di kolom search yang terletak di bagian kanan atas. Tuliskan nama sekolah Anda pada kolom search tersebut.

Nah, pencarian laporan dana BOS sudah Anda temukan dan tahapnya sudah selesai. Mudah sekali bukan? Tidak jarang guru dibuat bimbang apakah dana BOS sudah sampai atau belum, apakah sudah disalurkan ke pihak provinsi atau belum. Mengenai hal ini sebenarnya Anda dapat datang langsung ke kantor dinas. Tetapi Anda juga tidak perlu datang ke Kantor Dinas untuk memastikan maupun bingung menduga-duga apakah dana BOS sudah tersalurkan, karena terdapat cara yang lebih mudah dan cepat. 

Dengan koneksi internet yang lancar, cara cek laporan BOS online menjadi suatu hal yang mudah. Apalagi sekarang setiap pemberkasan sekolah-sekolah sudah banyak yang menggunakan sistem online. Beruntunglah bagi Anda yang tinggal di daerah dengan jaringan internet yang bagus. Apabila jaringan internet masih kurang bagus, maka pemerintah pasti akan memperhatikan hal ini untuk ke depannya agar administrasi sekolah dapat dilaksanakan dengan efisien dan efektif.