Langsung ke konten utama

Ini Dia Cara Cek CDI Sepeda Motor

Cara Cek CDI untuk mengecek kerusakan pada motor. CDI merupakan singkatan dari Capacitor Discharge Ignition termasuk alat elektronik dengan fungsi mengatur kapan waktu pengapian dari sepeda motor. Iini bermanfaat sebagai tempat penyimpanan arus listrik dari generator. Apabila sepeda motor tiba-tiba mendadak mati saat mesin sedang panas ketika di gas, ada kemungkinan terjadi masalah di bagian CDI-nya. Hal inilah yang membuat pemilik motor harus mengecek CDI agar memastikan apakah CDI-nya mengalami kerusakan ataukah tidak.


cek cdi motor,cara mengecek cdi,cara mengecek cdi mobil,

Baca juga : Cara Cek BPOM

Sebenarnya, orang awam sekalipun bisa melakukan cara cek CDI dengan mudah meskipun tidak memiliki banyak pengetahuan tentang permesinan motor. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan pengecekan bagian CDI ini, ada baiknya untuk memeriksa bagian busi motor terlebih dahulu, apakah masih dapat menyalakan api ataukah sudah tidak menyala sama sekali. Adapun caranya dengan mencopot bagian busi pada dudukannya, lalu dekatkan pada bagian blok mesin. Coba lakukan starter motor, jika tidak muncul percikan api, maka Anda bisa mengganti dengan memakai busi yang baru. Jika ternyata masih ada lentikkan api, maka berarti busi bagian pertama telah mati. Namun, jika ternyata saat di cek bagian businya masih berfungsi dengan baik, selanjutnya Anda bisa mengecek bagian CDI.

Ada beberapa cek sederhana CDI motor yang bisa dilakukan. Langkah pengecekan sendiri bisa berurutan dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah muncul percikan api di bagian kabel koil, lalu ke bagian sepul setelah itu lakukan pengecekan. Untuk menentukan bagian komponen pengapian sebelah mana yang terjadi kerusakan, maka Anda bisa memeriksa performa aki terlebih dahulu, setelah itu bagian sekering atau sepul, apakah sudah benar-benar soak ataukah masih dalam kondisi normal. Kemudian lakukan pengecekan bagian koil, apabila semua bagian tadi dalam kondisi normal. Lepaskan bagian soket positif di kemudian letakkan pada bagian ground lalu starter motor Anda. Apabila memang tak terdapat percikan api, maka bisa dipastikan jika CDI motor telah rusak. Jika sudah rusak maka Anda harus membelinya dengan yang baru. 

Adapun cara cek CDI kendaraan bermotor yang berikutnya juga bisa dengan menggunakan alat AVOmeter atau multitester.

Adapun Cara-Caranya Adalah Sebagai Berikut

  1. Langkah pertama, cek terlebih dahulu apakah ada ataukah tidak bagian arus listrik di kabel menuju coil saat motor Anda dihidupkan.
  2. Lalu sambungkan bagian kabel merah multitester menuju kabel CDI ke coil. Sementara hubungkan kabel hitam pada bodi motor atau ground.
  3. Periksa terlebih dahulu bahwa bagian selector multitester ini terletak pada DC sebesar 250 volt. Kemudian Anda bisa memperhatikan bagian jarum multitester apakah bergerak dari kanan kemudian ke kiri.
  4. Namun, jika ternyata jarum multitester tadi tidak mengalami pergerakan sama sekali, maka bisa dipastikan bahwa CDI motor telah rusak. 

Nah, itulah langkah-langkah cara cek CDI motor dengan mudah apakah terjadi kerusakan ataukah tidak. Semoga bermanfaat!


Theme Editor by Seo v6