Cara Mencari Data NISN Online Ke Situs Kemdiknas

Cara Mencari Data NISN Online - Jika menilik sistem pendidikan kita sepuluh tahun ke belakang, tentu saja sistem pendidikan pada saat sekarang sudah jauh lebih berkembang. Ditambah dengan teknologi yang semakin canggih menjadikan sistem pendidikan kita berbasis teknologi. Bahkan untuk sekarang ini, kita dapat melihat setiap data baik data siswa, data guru akan dimasukkan dalam sebuah database yang bisa diakses secara online. Termasuk Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang bisa dilihat dan dicek secara online. Cara mencari data NISN Online dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi Anda harus mengerti dan memahami mengakses situs yang berkaitan dengan cek NISN tersebut. 


data nisn berdasarkan sekolah,nisn siswa berdasarkan asal sekolah,nisn siswa alumni,nisn siswa baru,nisn siswa tahun,nisn siswa mi,nisn siswa yang sudah lulus,nisn siswa yang hilang,

Baca juga : Cara Cek Zippo Asli Dengan Zippo Tiruan

Data nomor induk siswa akan tersimpan dan terintegrasi dengan sistem penyimpanan data di pusat yaitu di lembaga kementerian pendidikan. Setiap siswa mulai dari siswa dengan tingkat dasar hingga siswa tingkat menengah ke atas akan memiliki nomor induk siswa nasional yang tersimpan dengan rapi. Nomor ini bisa dicari dan diakses secara online serta memilki sifat yang baku. Tidak akan ditemukan nomor induk siswa ganda karena setiap siswa mendapatkan satu nomor induk yang berbeda satu sama lainnya.
Jika Anda ingin melakukan pencarian nomor induk siswa nasional, Anda bisa melakukan cara mencari data NISN online dengan beberapa langkah mudah dan sederhana. Yang Anda siapkan bisa berupa gadget smartphone Anda atau komputer yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Berikut tahapan pencarian data NISN secara online, yaitu:

Buka situs resminya

Pertama sekali yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id. Kemudian Anda bisa melakukan pencarian halaman data yang menampilkan kolom yang berisikan nomor induk siswa nasional atau Anda bisa melakukan pencarian dengan menggunakan nama siswa.

Memasukkan No ISN

Lalu Anda bisa mengetikkan nomor induk siswa nasional di kolom pencarian, atau Anda bisa mengetikkan nama siswa sesuai dengan nama yang didaftarkan sebelumnya. Lalu, isi tanggal lahir dengan mengklik calendar pop up. Lalu, Anda klik tombol cari. Dan secara otomatis nama dan nomor induk siswa akan muncul jika siswa tersebut telah didaftarkan oleh pihak sekolah. 

Dengan melakukan cara tersebut, kita bisa mengetahui apakah siswa yang bersangkutan telah memiliki nomor induk siswa nasional atau belum. Jika belum, ada baiknya untuk melapor ke pihak sekolah agar didaftar segera dengan mengajukan formulir yang ada di situs nisn.data.kemdiknas.go.id. Dan apabila ada kesalahan atau nomor induk yang salah juga bisa diperbaiki dengan formulir yang juga bisa diakses dengan situs yang sama. 

Demikianlah cara mencari data NISN online yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor induk siswa apakah sudah terdaftar atau belum terdaftar. Sangat mudah dan sederhana dengan beberapa klik dan data siswa langsung terpampang secara otomatis.