Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan jika ada jasa transmisi siaran.
Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
A. Unsur-unsur iklan televisi
Media televisi merupakan media audiovisual sehingga estetika yang dituntut menyangkut indra pendengaran dan penglihatan. Iklan televisi memiliki unsur tertentu.
- Suara. Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan/ tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.
- Gambar. Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa
- orang yang menggunakan produk tersebut.
- Gerak. Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
- Tulisan. Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
B. Unsur-unsur iklan radio
Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).
C. Unsur-unsur iklan internet
Iklan intrnet brupa pesan yang disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengenalkan, mengajak, membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Unsur-unsur iklan internet antara lain
- Suara. Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.
- Gambar. Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
- Tulisan. Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
- Gerak. Baik gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi.
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu
- Komunikatif, taitu mampu menyampaikan pesan dengan baik.
- Informatif, artinya mampu memberikan informasi produk yang ditawarkan
- Mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
- Menarik perhatian, dan
- Mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Ayo Berlatih
Amatilah salah satu iklan di internet berikut ini.
1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Barang yang ditawarkan yaitu kain batik jumputan.
2. Informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dari iklan tersebut?
Informasi yang diperoleh antara lain : Banyak pilihannya, indah warnanya, Ayo kita cintai batik Indonesia, dan Batik jumputan hasil budaya bangsa.
3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.
Unsur iklan yang terdapat pada iklan di atas adalah Gambar dan tulisan.
4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.
Singkat, padat, menarik, komunikatif, informatif, sederhana, dan mudah dipahami.