Cara Cek Spesifikasi Komputer Windows dan MAC Paling Sederhana

Cara Cek Spesifikasi Komputer Windows dan MAC - Berikut akan dibagikan sedikit informasi mengenai cara cek spesifikasi komputer Windows dan MAC. Windows dan MAC merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan di dunia komputer. Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, penggunaan komputer memang merupakan suatu keharusan. Jika dahulu komputer hanya digunakan oleh orang tertentu, saat ini komputer digunakan oleh semua orang dari setiap lapisan masyarakat. Untuk itu, sangat penting bagi Anda mengetahui spesifikasi komputer yang Anda gunakan. Baik pada Windows ataupun pada MAC, ketahui spesifikasinya dengan jelas.


komputer windows xp,komputer windows 7,spesifikasi komputer untuk game,spesifikasi komputer laptop,software cek laptop,spesifikasi laptop,spesifikasi komputer,spesifikasi pc,

Baca juga : Cara Cek SK Tunjangan Profesi Secara Online

Dengan mengetahui spesifikasi dari komputer Anda, tentu Anda akan lebih cerdas dalam menggunakannya. Komputer memiliki kinerjanya masing-masing sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Oleh karena itu, gunakan komputer Anda sesuai dengan spesifikasinya, jangan dipaksakan jika tidak memungkinkan. Komputer yang digunakan secara paksa tanpa memperhatikan kemampuannya, tentu saja akan lebih mudah rusak. Jika Anda tidak ingin memiliki komputer yang mudah rusak, ketahui spesifikasi komputer Anda. Setelah itu gunakan komputer Anda sesuai dengan kemampuannya, jangan melebihi batas kemampuannya. Untuk Anda yang ingin mengecek spesifikasi komputer Anda, silakan simak ulasan berikut ini.

Berikut adalah cara cek spesifikasi komputer Windows dan MAC yang dapat Anda simak:

1. Pada Windows

Bagi Anda yang memiliki komputer dengan sistem operasi Windows, Anda dapat melihat spesifikasi komputer Anda dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Klik Start
Klik Start yang ada pada layar monitor Anda, atau tekan tombol yang bergambar bendera pada keyboard Anda. 
  • Pilih Run
Langkah berikutnya yaitu pilih Run, setelah itu akan muncul kotak isian. Ketikkan MsInfo32 pada kotak isian tersebut lalu tekan enter.
  • Lihat spesifikasi
Setelah menekan enter Anda akan masuk pada jendela yang menunjukkan informasi mengenai spesifikasi komputer Anda. Mulai dari prosessor, virtual memori, memory, versi BIOS, hardware, driver dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin menguji performa VGA Card komputer Anda, Anda dapat mengeceknya dengan mengklik Start, lalu pilih Run. Setelah itu ketikkan dxdiiag lalu tekan enter, lihat informasi yang diberikan. Ini juga dapat Anda lakukan untuk mengecek spesifikasi komputer pada Windows.

2. Pada MAC

Untuk Anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi MAC, Anda juga dapat mengecek spesifikasi lengkap komputer Anda. Mengecek spesifikasi komputer Anda yang satu ini sangat sederhana, ini dia langkah-langkahnya:
  • Buka menu Apple
Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu membuka atau mengklik menu Apple. 
  • Pilih About this MAC
Langkah berikutnya yaitu pilih About this MAC, lalu Anda akan menemukan jendela baru. Pada halaman tersebut Anda akan melihat informasi mengenai spesifikasi komputer MAC Anda. Mulai dari versi sistem operasi, prosessor dan memory serta spesifikasi lainnya.

Bagaimana? Cukup sederhana bukan mengecek spesifikasi komputer Windows dan MAC tersebut? Coba dan praktekkan cara tersebut saat ini juga dan ketahui spesifikasi lengkap komputer yang Anda gunakan. Setelah itu, gunakan komputer Anda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.