Cara Cek RAM Laptop Dengan Mudah

Cara Cek RAM Laptop - Anda yang bekerja kantoran tentunya akan banyak berhubungan dengan laptop. Tak hanya karyawan kantoran, beberapa orang yang aktivitasnya banyak berhubungan dengan penggunaan laptop juga tentunya sangat tidak bisa terlepas dari jenis gadget yang satu ini. Bicara soal laptop, ada banyak hal yang harus Anda ketahui supaya Anda bisa merawat laptop Anda secara lebih baik. Ini sangat berguna untuk menjaga kinerja dari laptop Anda serta menghindari penyakit hang dan lemot yang biasa terjadi pada berbagai jenis gadget.


cara cek vga laptop,ram laptop windows 8,cara cek ram android,ram laptop ddr,ram laptop windows 7,cara cek ram iphone,ram zenfone,ram samsung s5,

Baca juga : Cara Cek RAM Android

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM pada setiap jenis merk dan tipe laptop ada yang sama, ada pula yang berbeda. Kapasitas RAM inilah yang memiliki pengaruh besar pada kinerja laptop sama halnya seperti sebuah prosesor pada laptop. RAM juga memiliki cara untuk dicek, hal ini berguna untuk mengetahui kapasitas RAM yang tersedia pada laptop tersebut. RAM Laptop akan membuat laptop Anda lebih gesit kinerja nya. Selain itu, dengan mengetahui RAM dari laptop yang biasa Anda gunakan, Anda juga bisa memilih penggunaan yang lebih efisien.

Mengenai Cara Cek RAM Laptop Simak Dan Mempraktekkannya Dengan Langkah Berikut:

  • Siapkan laptop

Sebelumnya pastikan laptop Anda sudah terisi baterainya atau tidak dalam kondisi lowbat bahkan kosong baterai. Nyalakan laptop Anda dan tunggu hingga tampilan dekstopnya muncul.
  • Tekan tombol windows

Apabila tampilan dekstop sudah muncul, Anda bisa langsung menekan tombol windows dan juga tombol R dalam waktu yang bersamaan pada keyboard laptop. Tak lama akan muncul dialog dari sistem windows berupa dialog Run.
  • Isikan command

Cara Cek RAM Laptop selanjutnya adalah dengan memperhatikan dialog yang muncul. Pada dialog run tersebut Anda akan menemukan sebuah kolom yang bisa Anda isi dengan command berikut ‘DXDIAG’ kemudian klik ok atau enter. Tidak perlu menunggu lama Anda akan langsung melihat window baru muncul pada layar yang berisi kapasitas RAM laptop yang Anda miliki.
  • Cek kata memory

Pada window ini Anda akan melihat banyak dialog dan kalimat dengan bahasa inggris. Anda bisa langsung membacanya ke bawah dan mencari kata ‘Memory’. Apabila tertulis disana bahwa ‘Memory: 2097689 RAM’ maka itu dia kapasitas RAM yang ada pada laptop yang biasa Anda gunakan.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jumlah RAM yang ada pada laptop yang Anda miliki. Tak hanya pada laptop, Cara Cek RAM Laptop ini juga berguna bagi Anda yang menggunakan laptop mini tanpa CD Room atau biasa disebut juga Netbook. Cara mengecek RAM pada setiap laptop sama tergantung pada seri window yang diaplikasikan pada RAM tersebut.