Cara Cek IP Address Milik Sendiri

Cara Cek IP Address - IP Address merupakan kependekan dari Internet Protocol (IP) address. Address lebih mudahnya merupakan alamat identifikasi computer yang Anda gunakan. Tentunya setiap computer memiliki IP address yang berbeda-beda. Keberadaan IP address ini memudahkan untuk melacak keberadaan computer Anda. Misalnya, jika Anda melakukan kunjungan sebuah situs maka pemilik website bisa melacak IP address Anda dan mengetahui lokasi keberadaan Anda. Hal inilah yang sering kali dilakukan polisi untuk melacak kejahatan cyber (cyber crime). Sebagai pengguna computer pribadi, Anda bisa mengecek IP address Anda sendiri. Bagaimana sih cara cek IP address?


Cara cek IP address sendiri tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan menu command prompt atau melalui control panel. Bahkan ada tool gratisan yaitu IP Scanner yang sangat praktis.

Baca juga : Cara Cek In di Hotel berbintang

IP address merupakan sederetan angka biner dengan rentang antara 32 bit sampai 128 bit dan merupakan alamat identifikasi. Ada dua jenis IP address, yaitu IP static dan IP dynamic. Jika Anda menggunakan wifi ataupun modem sebagai jaringan internet, computer Anda sudah ada IP adressnya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek IP address Anda sendiri

1. Masuk ke perintah command prompt

Pertama bukalah computer Anda. Setelah itu, klik start, pilih menu run kemudian ketik “CMD” pada menu RUN dan tekan enter. Atau, Anda juga bisa melakukannya dengan praktis yaitu dengan menekan tombol bergambar Window+R. Kemudian sama, tuliskan “CMD” dan tekan enter.

2. Ketikan ipcofig

Setelah muncul tampilan Command Prompt, ketik tulisan “ipcofig” pada kursor yang aktif dan tekanlah enter. Setelah itu, akan muncul tampilan halaman baru, scrolldown ke bawah dan lihatlah IP adressnya.

Selain cara yang telah dijabarkan diatas, ada cara lain untuk cara cek IP address komputer Anda sendiri.

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan

  • Klik start

Anda bisa melakukannya melalui control panel. Pertama klik tombol start. Kemudian pilih network and internet dan selanjutnya pilih network and sharing center.
  • Pilih media koneksi

Setelah muncul halaman network Anda sharing center, pilih media koneksi dan klik detail. Akan muncul penjelasan mengenai IP address komputer Anda.

Mau yang lebih praktis lagi untuk mengecek IP address? Ada cara lain yaitu dengan menggunakan IP Scanner. Ia adalah tool gratis yang biasa Anda download melalui internet. Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, masukkan IPS range yang Anda inginkan (sesuaikan dengan IP Jaringan) selanjutnya  scanner akan menampilkan list dari IP yang sedang aktif. Dan bagusnya lagi informasi yang ditampilkan lengkap dengan hostname dan mac address dari  yang aktif. Selain itu, Anda juga bisa melihat detail dengan klik kanan pada IP yang diinginkan kemudian pilih show lalu pilih informasi yang diinginkan.

Demikian informasi mengenai cara cek IP address sendiri ataupun orang lain. Anda boleh mengecek IP address orang lain asalkan jangan disalahgunakan. Hati-hati dalam penggunaan IT karena ada UU ITE jika Anda menyalahgunakan maka akan terkena sanksi. Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat.