Langsung ke konten utama

Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Siswa SD

Cara Cek NISN Siswa SD - Nomor Induk Siswa Nasional yang biasa disebut dengan NISN adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap siswa. NISN akan terus diperlukan ketika para siswa akan meneruskan sekolah hingga lulus nanti. Sampai saat ini masih tidak sedikit siswa yang tidak mengetahui berapa nomor NISN mereka terutama para siswa Sekolah Dasar (SD). Nomor NISN bisa diibaratkan KTP-nya para pelajar di seluruh Indonesia yang berisi kode unik yang berbeda antar siswa satu dengan siswa lain. Dengan memiliki NISN maka berarti siswa bersangkutan sudah terdaftar secara nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
nisn smp 2016,cara mengecek nisn berdasarkan sekolah,cara mengecek nisn siswa baru,nisn siswa sd tahun 2016,mencari nisn siswa sd,cari nisn siswa sd,

Pentingnya NISN termasuk untuk siswa SD, misalnya saat menghadapi Ujian Akhir Nasional bagi siswa kelas 6 adalah keharusan mengisikan nomor NISN di lembar jawaban komputer (LJK). Acapkali para siswa tak tahu mesti diisi apa sebab mereka belum tahu berapa NISN mereka. Biasanya mereka hanya tahu nomor ujian dan nomor induk siswa. Nah, untuk itu para siswa SD atau orang tuanya harus tahu cara Cek NISN Siswa SD. Untuk mengecek nomor NISN bisa dengan beberapa cara. Cara cek NISN siswa SD bisa melalui layanan online atau menanyakannya ke sekolah SD tempat anak menuntut ilmu.

Adapun untuk cara cek NISN Siswa SD via online, langkahnya lebih mudah lagi yaitu mengakses http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Dari laman DAPODIK (Data Pokok Pendidikan Nasional) akan tersaji kolom untuk pencarian berdasarkan nomor NISN dan pencarian berdasarkan nama siswa. Pencarian berdasarkan nomor NISN ini dilakukan bila siswa sudah mengetahui NISN-nya dan ingin memastikan bahwa nomor induk yang dimilikinya itu memang sudah terdaftar di dalam sistem nasional. Sedangkan pencarian berdasarkan nama siswa dipilih jika siswa belum tahu NISN mereka. Caranya cukup mudah, siswa dibantu orang tua atau petugas dari sekolah tinggal melengkapi data diri meliputi : Nama Siswa, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir dalam kolom yang ada. Untuk kolom Tanggal Lahir dilengkapi dengan klik ikon kalender di sebelah kanan kolom dan pilih klik pada tanggal dan tahun kelahiran. Akhiri dengan klik tombol Cari.

Bila dari hasil pengecekan NISN Sisa SD ini anak belum terdaftar atau belum memiliki NISN maka tugas petugas sekolah bersangkutan untuk melakukan pendaftaran siswa tersebut. Cara daftar NISN Siswa SD juga dilakukan via online di laman Kementerian Pendidikan Nasional. Caranya klik pada link unduh Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 Permintaan pendaftaran NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id lewat menu Formulir Pengajuan. Cetak semua formulir itu dan lengkapi secara manual. Kemudian serahkan formulir tadi ke pihak sekolah dimana siswa terdaftar. Pihak sekolah selanjutnya akan mengirimkan formulir A.1. Tadi ke PDSP lewat e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id untuk memproleh NISN siswa bersangkutan.


Theme Editor by Seo v6