Cara Cek Ping dengan Menggunakan Sistem Operasi Windows Komputer

Cara Cek Ping - Ping merupakan aplikasi yang mempunyai kegunaan yang sangat besar dan perannya sangat penting. Ping berfungsi mendeteksi gangguan atau masalah yang terjadi di jaringan LAN maupun jaringan internet. Ping merupakan waktu reaksi untuk koneksi ke jaringan LAN maupun internet yang mengukur cepat atau lambatnya respon yang diberikan. Ping diukur dalam satuan milidetik atau MS. Selain itu, Ping digunakan untuk mengecek komputer yang delay antara dua komputer. Nah, cara cek Ping sendiri tidak terlalu sulit kok. Bagi Anda yang merasa kesulitan bacalah penjelasan di bawah ini.


ping google,ping di cmd,ping speedy,ping di laptop,ping dota 2,ping speedy di run,ping internet windows 7,

Baca juga : Cara Cek Pengiriman JNE Via Internet

Ping dapat digunakan untuk mengecek kestabilan dan kecepatan respons dari internet yang sedang Anda gunakan dalam kurun waktu tertentu. Mudah saja, biasanya menggunakan jendela command prompt di sistem operasi Windows komputer Anda. Bagi Anda para gamers pastinya tidak asing lagi menggunakan ini, kebanyakan ketika asik main game online tiba-tiba disconnect atau nge-lag, pasti Anda akan melakukan pengecekkan. 

Berikut Ini Penjelasan Cara Cek Ping Dengan Mudah:

1. Klik Start == > Run == > Ketik CMD == > Enter

Setelah masuk run akan ada tampilan tulisan “Type the name of a program, folder, document, or internet Resources, and windows will open it for you“, setelah muncul tampilan itu baru Anda mengetik CMD dan klik enter.

2. Ketik Ping (Spasi) Alamat IP Tujuan

Anda harus mempersiapkan Address Ip Computer Anda. Jika Anda belum tahu alamat Ip Computer Anda, Anda harus mengetik ipconfig pada menu CMD dan akan ditampilkan di layar hasilnya. Sedangkan bagi Anda yang sudah hafal alamat ip Computer, Anda ketik Ping (spasi) alamat IP yang akan dituju contoh Ping 198.120.1.102 lalu enter dan hasilnya akan muncul.

3. Tunggu sampai terlihat Hasilnya

Jika ada pemberitahuan yang menunjukkan 0% loos maka koneksi internet Anda dalam keadaan yang baik kemungkinan jika Anda tidak dapat melakukan browsing internet bisa jadi kabel telepon Anda terputus atau splitter Anda dalam kondisi berkarat.

Hasil dari cara cek Ping biasanya menunjukkan waktu seperti 325 MS artinya waktu latency yang diperoleh adalah 325 mili detik. Keterangannya makin tinggi waktu latencynya makin lambat pula kecepatan koneksi internet yang sedang Anda gunakan. Namun jika semakin kecil waktu latency yang ditunjukkan maka semakin cepat pula koneksi internet yang sedang Anda gunakan.

Demikian penjelasan informasi mengenai cara melakukan cek Pin, semoga informasi di atas dapat membantu Anda dan memberikan kelancaran untuk koneksi internet Anda. Jika Anda merasa koneksi internet Anda lambat, sering delay atau nge tag lebih baik Anda menggunakan cara cek Ping di atas.