Cara Cek Gula Darah Secara Aman

Cara Cek Gula Darah - Salah satu pemeriksaan penting yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh Anda adalah  cek gula darah. Ini berguna untuk mengetahui kadar gula darah yang ada dalam tubuh Anda. Kesehatan merupakan hal yang teramat penting bagi manusia. Apabila kesehatan Anda terganggu, itu tandanya Anda sedang terserang penyakit tertentu yang akan mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Apabila hal ini terjadi, maka Anda harus pergi ke dokter untuk memeriksakan gangguan kesehatan Anda. Untuk menghindarinya, Anda harus menjaga asupan makanan Anda termasuk asupan gula supaya tidak berlebih. Terutama bagi Anda pengidap diabetes karena hal ini cukup berbahaya.


alat cek gula darah,gula darah yang bagus,gula darah omron,gula darah nesco,cek gula darah,gula darah kolesterol dan asam urat,alat cek gula darah 3 in 1,gula darah accu chek,

Baca juga : Cara Cek Garansi Produk Samsung

Tingginya gula darah akan berimbas pada banyak hal. Salah satunya adalah Anda akan mudah merasa lemah dan lesu. Bagi penderita diabetes, tingginya gula darah memang harus di cek secara rutin sebisa, mungkin supaya berbagai resiko buruk dapat dihindari. Lakukan cek gula darah setidaknya dua minggu sekali supaya Anda bisa selalu memantau kesehatan Anda dari jumlah kadar gula yang ada dalam tubuh. Biasanya cara cek gula darah ini dilakukan di laboratorium atau agar lebih mudah Anda bisa mengeceknya di apotek terdekat. Namun jika Anda memiliki peralatan kesehatan untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh atau glucometer sendiri di rumah.

Anda Bisa Melakukan Langkah-Langkah Ini Untuk Mengetahui Kadar Gula Darah Anda

1. Gunakan alat cek glucometer

Kisaran harga glucometer yang berfungsi untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh Anda mencapai tiga ratus ribu rupiah. Meskipun relatif mahal namun alat ini memiliki nilai manfaat tinggi jika Anda menderita diabetes. Anda bisa menyiapkan kapas, alkohol, alat penusuk, test strip serta tentunya glucometer untuk mengetahui gula dalam darah

2. Bersihkan jari dengan alkohol

Bersihkan ujung jari Anda yang hendak diambil darahnya dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh alkohol. Tuangkan alkohol pada potongan kapas yang sudah dibulat-bulatkan, kemudian gosokan pada ujung jari.

3. Gunakan jarum steril

Siapkan alat penusuk jarum serta jarum steril yang ada di dalamnya. Pastikan jarum sudah terpasang dengan baik agar Anda tidak perlu mengulangi proses ini karena rasanya agak sakit. Tusukan alat penusuk jarum pada ujung jari yang tadi sudah dibersihkan dengan menggunakan alcohol. Pijat-pijat sedikit agar darahnya keluar.

4. Teteskan darah ke glucometer

Ambil test strip glucometer dan letakkan ujung yang tepat pada darah tadi agar sebagian darah masuk ke dalam test strip tersebut. Hidupkan glucometer, masukan ujung test strip pada lubang test strip yang ada pada glucometer Anda, kemudian tunggu angkanya berjalan.

5. Tunggu hasilnya

Sembari menunggu hasil dari alat pengukur, Anda bisa membersihkan jari Anda yang tadi ditusuk dengan jarum dengan menggunakan kapas beralkohol kembali.

Demikian cara cek gula darah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Setelah angka yang muncul di mesin pengukur kadar gula darah berhenti pada 3 digit angka itulah jumlah kadar gula dalam darah Anda saat ini. Disarankan untuk tidak terlalu banyak makan atau minum minuman manis sebelum mengukur kadar gula, supaya hasilnya tepat dan tidak terlalu tinggi.