Cara Cek Domain yang Masih Tersedia Secara Mudah dan Cepat

Cara Cek Domain - Ingin tahu bagaimana domain yang tersedia atau yang belum digunakan? Pastikan untuk menyimak ulasan berikut ini dengan seksama. Dalam membuat sebuah situs Web, tentu Anda membutuhkan domain. Domain merupakan alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah nama server komputer. Beberapa nama domain yang sangat populer saat ini antara lain yaitu .com, .co.id, .org, .net dan masih banyak lagi lainnya. Domain dapat diibaratkan sebagai alamat rumah yang memiliki peranan penting. Tujuannya agar pengiriman atau penerimaan data tidak terjadi kesalahan.

cara cek domain yang tersedia,cara cek domain sudah aktif,cara cek domain expired,cara cek domain authority,cara cek domain deindex,cek nama website,cara ngecek domain,domain cek,

Baca juga : Cara Cek Dead Pixel Yang Mudah

Untuk Anda yang berniat ingin membuat sebuah situs Web tertentu, Anda perlu melakukan cara mengecek domain yang tersedia. Cek atau lihat terlebih dahulu apakah alamat domain yang Anda gunakan tersebut masih tersedia atau tidak. Jika alamat domain tersebut sudah digunakan orang lain, tentu alamat domain tersebut tidak dapat Anda gunakan. Dengan kata lain, alamat domain yang dapat Anda gunakan hanyalah alamat domain yang tidak pernah atau tidak sedang digunakan oleh situs Web lainnya.

Ini Dia Cara Mudah Mengecek Alamat Domain Yang Masih Tersedia

1. Kunjungi situs www.idwebhost.com

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu mengunjungi www.idwebhost.com. Anda dapat mengetikkan alamat situs tersebut di browser lalu klik enter. Setelah masuk, Anda akan melihat kotak isian untuk mengisi alamat domain yang Anda inginkan.

2. Masukkan alamat domain yang Anda inginkan

Cara cek domain yang tersedia selanjutnya yaitu ketikkan saja alamat atau nama domain yang Anda inginkan. Misal, Anda menginginkan alamat atau nama domain cobacoba.com, maka ketikkan teks tersebut pada kotak isian. 

3. Klik Search domain

Setelah memasukkan alamat atau nama domain yang Anda inginkan, klik atau pilih tombol Search domain. Jika sudah maka tunggu proses yang sedang berlangsung sampai muncul hasil yang diperoleh.

4. Lihat hasilnya

Sampai di sini, langkah pengecekan alamat atau nama domain yang tersedia sudah selesai. Anda hanya perlu melihat hasil yang ditampilkan. Akan muncul kotak yang berisi nama atau alamat domain yang Anda masukkan sebelumnya. Jika kotak berwarna hijau, maka alamat domain tersebut masih tersedia. Sedangkan jika yang muncul adalah kotak berwarna merah maka domain yang Anda inginkan sudah tidak tersedia. Itulah cara mengecek domain yang dapat Anda lakukan secara mudah dan cepat.

Untuk langkah nomor 4, pada kota yang ditampilkan akan tampak keterangan tersedia atau tidak tersedia. Perhatikan dengan seksama, jika kota warna hijau maka terdapat keterangan Available. Sedangkan jika kotak merah maka muncul keterangan Not Available. Jika Anda menginginkan domain .com, maka peluang untuk mendapatkan domain yang tersedia cukup kecil. Pasalnya, pengguna nama domain .com sangat banyak bahkan lebih banyak dibanding nama domain lainnya. Demikian ulasan mengenai cara cek domain yang masih tersedia dengan mudah dan cepat.