Beberapa Cara Cek Harddisk

Cara Cek Harddisk - Untuk bisa menjaga laptop agar tetap awet, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan cara cek harddisk. Cara ini sangat berguna untuk Anda yang ingin sekali mengetahui kondisi harddisk pada laptop yang biasa Anda gunakan. Sering digunakannya laptop untuk bekerja atau bermain game ternyata juga bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi harddisk. Tak hanya itu, masa penggunaan yang sudah lama dan penyimpanan banyak memori juga dapat mempengaruhi harddisk sehingga sangat memberikan efek terhadap kinerja laptop itu sendiri. Untuk mengetahui kondisi harddisk Anda, Anda perlu melakukan beberapa cara supaya laptop tetap terjaga kondisinya.

cara cek harddisk rusak,cara cek harddisk di bios,cara cek harddisk bad sector,harddisk,hardisk ps3,cara cek harddisk,cara cek harddisk di cmd,cara cek harddisk eksterna,

Baca juga : Cara Cek Gula Darah Secara Aman

Tak hanya pada laptop yang sudah biasa Anda pakai, hal ini juga berlaku bagi Anda yang sedang ingin berencana membeli laptop yang baru. Dengan mengecek kondisi harddisk laptop yang akan Anda beli, tentunya Anda akan lebih mengetahui keadaan dan kualitas harddisk calon laptop yang akan Anda pakai untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pembelian yang salah terhadap kondisi harddisk pada laptop yang sudah rusak secara fisik.

Beberapa Cara Cek harddisk Yang Bisa Anda Lakukan

  • Cek secara fisik

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda hendak membeli laptop bekas teman atau secara perantara. Anda bisa memperhatikan kondisi secara fisik laptop yang hendak Anda pilih, balik laptop sehingga bagian baterai akan terlihat oleh Anda, kemudian perhatikan pada bagian harddisk apakah ada kerusakan berupa cacat fisik pada harddisk laptop tersebut. Biasanya kerusakan yang paling umum ditemukan adalah adanya bentuk penyok akibat benturan tertentu bahkan terjatuh.
  • Cek kinerja harddisk

Cara ini tentunya bisa Anda lakukan dengan menyalakan laptop tersebut. Kerusakan harddisk tertentu tidak hanya dapat terlihat ciri-cirinya secara fisik, namun juga dapat terlihat dengan kondisi atau kualitas kinerja laptop itu sendiri. Apabila pada saat digunakan laptop Anda menjadi lemot dan sering hang, maka dapat disimpulkan adanya kerusakan pada bagian dalam harddisk Anda. Anda juga bisa membuka menu command prompt pada windows laptop Anda kemudian ketik CHKSDK.exe atau yang berarti check disk. Maka akan muncul tahapan atau proses scanning untuk mengetahui kerusakan apa yang dialami oleh harddisk Anda.
  • Cek spesifikasi harddisk

Untuk mengetahui spesifikasi harddisk yang ada pada laptop Anda cukup mudah. Anda tidak perlu bertanya pada sang penjual mengenai spesifikasi harddisk tersebut. Anda bisa mengecek nya pada label sticker yang tertera pada bagian belakang laptop. Biasanya bersama barcode akan ada keterangan mengenai harddisk tersebut.

Dengan tiga cara tadi Anda akan dapat mengetahui kondisi harddisk laptop yang akan Anda beli. Cara ini tentunya akan membuat Anda terhindar dari pembelian yang salah karena Anda tidak mengetahui perihal kondisi dan spesifikasi harddisk laptop Anda. Demikian cara cek harddisk yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang yang pro di bidangnya. Semoga bermanfaat!