Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Seorang pendidik perlu melakukan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik. Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut dapat juga digunakan sebagai pemetaan kesulitan belajar peserta didik dan perbaikan proses pembelajaran.
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.

  • Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
  • Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
  • Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.

Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Instrumen tes tulis uraian yang dikembangkan haruslah disertai kunci jawaban dan pedoman penskoran. Pelaksanaan penilaian melalui penugasan setidaknya memenuhi beberapa syarat, yaitu mengkomunikasikan tugas yang dikerjakan oleh peserta didik,  menyampaikan indikator dan rubrik penilaian untuk tampilan tugas yang baik. Tampilan kualitas hasil tugas yang diharapkan disampaikan secara jelas dan penugasan mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas. Berikut ini akan disajikan contoh bentuk instrumen terkait dengan teknik penilaian tes tulis, tes lisan, maupun penugasan.
Penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri da Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Contoh Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No.Mata PelajaranIndikator Pencapaian KompetensiTeknik PenilaianBentuk InstrumenContoh Instrumen
1.PPKn3.1.1   Menjelaskan pembentukan
BPUPKI sebagai badan  yang mempersiapkan
dasar negara Indonesia merdeka.
Tes TerluisJawaban singkatMengapa Jepang mengijinkan pembentukan BPUPKI?
Kunci:
  1. Jepang mengalami kekalahan perang di wilayah Asia Pasifik.
  2. Pembentukan BPUPKI diperbolehkan dengan tujuan rakyat Indonesia membantu Jepang dalam perang dunia ke-2.
  3. Desakan kaum pergerakan Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
Contoh Instrumen Penilaian Tes Lisan
No.Mata PelajaranIndikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik PenilaianBentuk InstrumenContoh Instrumen
1.Bahasa Inggris3.1.1 Merespons ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan
terima kasih, dan permintaan maaf
Tes LisanDaftar
Pertanyaan
Listen to the expression and give your respon.
1. A: Hi, Andi
    B: Hi, Shinta, ....?
    A: Very well thank you, and you
    B: I am fine thank you.
2. A: It’s time to go home, Good bye
     B: .............?
3. A: Hello, Please come in
    B: ..............
4. A: ........., I’m late
    B: It’s OK, Please sit down
Contoh Instrumen Penilaian Tes Penugasan
No.Mata PelajaranIndikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik PenilaianBentuk InstrumenContoh Instrumen
1.Bahasa Indonesia3.1.1 Menyusun teks hasil  observasi secara tertulis.PenugasanPekerjaan RumahTugas:
Buatlah tulisan atau naskah tentang tata urutan peristiwa pada cerita pendek yang disajikan pada bacaan buku siswa bab 1!
Kunci:
Untuk mengerjakan tugas ini peserta didik harus terlebih dahulu membaca beberapa potongan cerita dan beberapa pertanyaan yang disajikan pada bacaan buku bahasa Indonesia untuk siswa bab 1 tentang Cinta Lingkungan Hidup lalu peserta didik membuat naskah singkat yang menggambarkan persitiwa secara berurutan.

Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian
Berikut ini disajikan contoh soal penilaian kompetensi pengetahuan pada IPA beserta rubrik penilaiannya yang ditampilkan dalam format tabel seperti contoh berikut. Penilaian yang disajikan ini merupakan ulangan harian.
KDIndikatorRanah KognitifTeknik PenilaianButir SoalKunci JawabanSkor *)
3.8 Mendeskripsi-kan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannyaMenentukan pengertian dari beberapa konsep penting terkait komponen ekosistemC1Tes tulis menjodohkanPetunjuk: Pasangkanlah pernyataan yang ada pada kolom I dengan istilah yang sesuai pada kolom II!
No.Kolom IKolom II
1.Katak hidup di sawaha. komunitas
2.Bintang laut dan timun laut hidup di air lautb, habitat
3.Pohon dan serangga, akteri dan organisme lain berinteraksi  dengan organisme lain dan lingkungannya c. relung
4.Jerapah makan pucuk tanaman pada pohon yang tinggid. populasi
5.Sekelompok kambing hidup di padang rumpute. ekosistem


f. bioma
  1. habitat (b)
  2. komunitas (a)
  3. ekosisitem (e)
  4. relung (c)
  5. populasi (d)
1
1

1

1
1
Nilai Peserta Didik = Skor yang Diperoleh Peserta Didikx 100 
Skor Total (5)
Catatan
Tanda bintang *): besarnya skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.

Contoh Tugas Kelompok Matematika
Indikator
Peserta didik dapat menentukan syarat pasangan tiga (tripel) bilangan yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga, dengan mengerjakan tugas secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
No.Uraian TugasUraian JawabanKriteria/Skor *)
1.Pengetahuan Faktual
Dengan menggunakan potongan lidi,  bentuklah segitiga-segitiga dengan sisi-sisi sebagai berikut:
a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm
b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm
c. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm
d. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm
e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm
Manakah tripel bilangan yang dapat membentuk segitiga?
Tripel bilangan yang dapat membentuk segitiga adalah:
a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm
b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm
c. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm
Sedangkan tripel bilangan berikut tidak dapat membentuk segitiga
d. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm
e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm
Bila tiap tripel bilangan dapat ditetapkan sebagai suatu segitiga atau bukan dengan benar, diberi skor  5
2.Pengetahuan Konsepsional
Coba tuliskan syarat tripel bilangan, agar merupakan ukuran sisi-sisi segitiga!
a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm, merupakan ukuran sisi segitiga sebab 10 < 7 + 5
b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm, merupakan ukuran sisi segitiga sebab 12 < 6 + 9
c. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm, merupakan ukuran sisi segitiga sebab 13 < 10 + 8
d. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm, bukan merupakan sisi-sisi segitiga sebab 15 > 6 + 7
e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm, bukan merupakan sisi-sisi segitiga sebab 17 = 8 + 9
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan, suatu tripel bilangan akan merupakan ukuran sisi-sisi segitiga apabila, ukuran bilangan  terbesar kurang dari jumlah dua bilangan lainnya.
5
5
5
5
5
Bila siswa dapat membuat rumusan syarat triple bilangan segitiga dengan benar diberi skor  25
3.Gunakan syarat yang kalian simpulkan, untuk menentukan tripel bilangan berikut yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga
a. 3 cm, 4 cm, dan 5 cm
b. 6 cm, 10 cm, dan 10 cm
c. 11 cm, 11 cm, dan 23 cm
d. 27 cm, 12 cm, dan 15 cm
e. 16 cm, 25 cm, dan 20 cm
Tripel bilangan yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga adalah
a. 3 cm, 4 cm, dan 5 cm
b. 6 cm, 10 cm, dan 10 cm
16 cm, 25 cm, dan 20 cm
Bila tiap tripel bilangan dapat ditetapkan sebagai suatu segitiga atau bukan dengan benar, diberi skor 5
Skor Total100
Nilai Peserta Didik = Skor yang Diperoleh Peserta Didikx 100 
Skor Total (100)
Catatan
Tanda bintang *): besarnya skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran berdasarkan jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.

Pelaksanaan Penilaian
Penilaian kompetenti pengetahuan dapat dilaksanakan sebagai penilaian proses, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Penilaian proses dilakukan melalui ulangan harian dengan teknik tes tulis, tes lisan dan penugasan yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Cakupan ulangan harian diberikan oleh pendidik untuk seluruh indikator dari satu kompetensi dasar. Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Rincian pelaksanaan penilaian ditampilkan  pada tabel berikut:

Rincian Pelaksanaan Penilaian
Waktu PelaksanaanCakupan PenilaianTeknik Penilaian yang MemungkinkanBentuk Instrumen
Penilaian ProsesSeluruh indikator dari satu kompetensi dasar (KD)Tes tulis,
Tes lisan,
Penugasan
  • Pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
  • Daftar pertanyaan.
  • Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas
Ulangan Tengah SemesterSeluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD selama 8-9 minggu kegiatan belajar mengajarTes tulis
Pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
Ulangan Akhir SemesterSeluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebutTes tulisPilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.

Previous
Next Post »