Cara Mencari Situs NISN Siswa Sekolah Dengan Langkah Mudah

Cara Mencari Situs NISN Siswa Sekolah - Kecanggihan teknologi pada era sekarang ini tidak hanya berpengaruh terhadap life style tapi juga ikut berpengaruh terhadap pendidikan yang ada di negara kita. Banyak sekali sekolah yang telah menerapkan teknologi dalam sistem pengajaran mereka bahkan dalam mendata siswa yang terintegrasi secara online dan terkomputerisasi. Bahkan kini data siswa telah terdata secara terpusat dengan menempatkannya pada sebuah data base nasional melalui situs yang bisa diakses. Nomor induk pun bisa dicari dengan melakukan cara mencari situs NISN siswa sekolah dengan beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan. 


cnisn siswa berdasarkan asal sekolah,nisn siswa,nisn siswa per sekolah,nisn siswa alumni,nisn siswa baru,nisn siswa tahun,nisn siswa mi,nisn siswa yang sudah lulus,

Baca juga : Cara Mencari Data NISN Online Ke Situs Kemdiknas

Data siswa ini mencakup keseluruhan tingkat jenjang mulai dari tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat menengah keatas. Pihak sekolah akan mendaftarkan nama dan data siswa ke database dengan mengajukan formulir yang akan dimasukkan datanya ke dalam data base yang terkomputerisasi dengan rapi. Setelah mengajukan formulir dan data telah dimasukkan maka secara otomatis siswa akan mendapatkan nomor induk siswa nasional. 

Untuk mengetahui nomor induk siswa nasional siswa sekolah dapat dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah dan sederhana. Cara mencari situs NISN siswa sekolah ini sangat bermanfaat bagi siswa yang baru akan memulai tahun ajaran baru di sekolah atau bagi siswa yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek NISN

Buka situs resminya

Pertama sekali Anda bisa mengunjungi situs NISN yaitu http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/home.

Klik menu data siswa

Kemudian Anda akan memasuki halaman utama, dan Anda bisa mencari menu data siswa yang ada dibagian sebelah kiri menu utama. Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu menu pencarian berdasarkan nomor induk siswa nasional, atau menu pencarian dengan nama siswa itu sendiri. Untuk menu yang menggunakan nomor NISN diperuntukkan bagi siswa yang telah memiliki dan mengetahui nomor induknya. Sedangkan untuk menu pencarian dengan nama bagi siswa yang belum mengetahui nomor induknya.

Masukkan nomor NISN

Ketikkan nomor NISN atau nama kemudian klik tombol cari, maka akan keluar data berdasarkan NISN atau nama yang telah dimasukkan. Kemudian cocokkan data dengan biodata diri Anda. Jika NISN dan nama yang diketikkan dengan benar maka akan muncul data siswa yang sesuai pada tampilan di situs tersebut. 

Akan tetapi bagi siswa yang belum memiliki nomor induk siswa atau belum terdaftar di situs NISN maka Anda bisa mengajukan pendaftaran kepada pihak sekolah. Maka pihak sekolah akan mendaftarkan siswa dengan formulir yang bisa diunduh di website yang sama. Nomor induk siswa ini bersifat baku dan digunakan sampai siswa lulus sekolah menengah ke atas. Demikianlah cara mencari situs NISN siswa sekolah, dengan mengetahui situs yang tepat Anda akan mendapatkan informasi mengenai nomor induk siswa nasional.