Langsung ke konten utama

Cara Cek Elco Menggunakan AVO Meter

Cara Cek Elco - Bagi Anda yang bingung mencari cara cek Elco, Anda dapat menyimak uraian berikut ini dengan baik. Elco merupakan salah satu bagian atau komponen dari elektronik, memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi Elco yaitu menyimpan arus dalam kurun waktu tertentu. Elco juga sering disebut sebagai Kondesator elektrolit, sedangkan kemampuan penyimpanan arus disebut kapasitas kondensator. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyebut Elco sebagai kapasitor ataupun elko. Pada dasarnya Elco, kapasitor ataupun elko hanyalah sebutan saja, Anda dapat menyebutnya sesuai keinginan Anda.


cara menguji elco,cara mengukur elco,Cara cek elco,cara mengukur elco dengan multitester,cara mengukur elco dengan avo meter digital,cara mengukur elco pada tv,cara mengecek elco,

Baca juga : Cara Cek Driver Komputer

Kembali lagi membahas mengenai cara mengecek Elco, hal ini memang penting untuk dilakukan. Elco merupakan alat yang mempunyai daya tampung dan juga daya tahan masing-masing. Besar atau kecilnya daya tampung dan juga daya tahan biasanya tergantung dari ukuran fisiknya. Namun biasanya Elco memiliki keterangan tertulis, contohnya yaitu terdapat tulisan 1000uf / 25v. Jika terdapat tulisan tersebut maka dapat diartikan bahwa jangan memberikan tegangan yang melebihi 25 volt. 25v tersebut merupakan batasan akhir yang tidak boleh dilampaui.

Jika Anda memberikan tegangan yang melebihi batasan tersebut, misal 50 volt maka Elco dapat meledak. Untuk itu, jika pastikan untuk tidak memberikan tegangan yang melebihi batasan yang diberikan. Jika terdapat keterangan 25 volt, maka Anda hanya dapat memberikan tegangan di bawah 25 volt. Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui terlebih dahulu satuan ukuran Elco. Satuan ukurannya yaitu farat atau sering disingkat f, 1 farat sama dengan 1 juta mikro farat (uf). 1 uf sama dengan 1000 nf (nano farat) dan 1 nf sama dengan 1000 pf (piko farat). 

Cara Menghitung Atau Mengukur Elco - Ikuti Langkah-Langkah Berikut

1. Pilih switch pada posisi Ohm

Pertama, pilihlah selektor atau switch Avo Meter berada pada posisi Ohm meter lalu sesuaikan dengan ukuran kapasitas pada badan Elco. Untuk Anda yang ingin mengatur Elco berukuran 100uf/75v maka pilih posisi switch yang sesuai. Posisi yang sesuai yaitu posisi 1K yaitu mengukur Elco ukuran 1uf sampai 100uf. 

2. Tempelkan stik

Langkah selanjutnya yaitu tempelkan stik positif atau kabel merah pada salah satu kaki Elco. Begitu juga stik negatif atau kabel hitam pada kaki Elco lainnya. 

3. Lihat hasil

Terakhir, lihatlah hasil yang diberikan atau ditunjukkan. Jika jarum AVO bergerak dan kembali lagi ke posisi 0 maka Elco dalam kondisi yang masih bagus. Sedangkan jika jarum bergerak dan tidak kembali lagi ke posisi semula maka Elco tersebut rusak.

Itulah cara mengecek Elco atau kapasitor yang dapat Anda lakukan menggunakan AVO meter. Pastikan untuk melakukannya dengan benar agar dapat mengecek apakah Elco miliki Anda rusak atau masih layak pakai. Demikian penjelasan mengenai cara cek Elco, semoga dapat bermanfaat.


Theme Editor by Seo v6