Cara Cek Hardisk Yang Rusak

Cara Cek Hardisk Yang Rusak sangat penting untuk kita ketahui supaya ketika hardisk kita benar-benar rusak kita suah tahu apa yang harus kita lakukan dan langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Selain menggunakan aplikasi anda juga sebenarnya bisa mengetahui bahwa hardisjk anda rusak dengan beberapa ciri di bawah ini :

Cara Cek Hardisk Yang Rusak

Baca juga : Cara Cek Imei Android

Berikut Adalah Beberapa Cara Cek Hardisk Rusak Dengan Pemahaman Sederhana

  1. Loading pada HDD sangat lemot atau lambat, meskipun LED blinking menandakan ada kerja pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector.  Ciri ini juga bisa terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai  munculnya blue screen pada computer dan akhirnya computer mati dengan sendirinya,seperti kita sedang melakukan restart.
  2. Kerja computer menjadi lambat seperti sudah terkena virus sehingga kerja computer sangat lambat dan ketika mendapatkan perintah dari user untuk menjalankan sebuah program,respon computer sangat lambat bahkan loading dalam waktu yang sangat lama,nah ini bisa anda gunakan sebagai salah satu Cara Cek Hardisk Yang Rusak.
  3. Munculnya suara aneh dari hardisk computer anda. Ketika anda menyadari sesuatu yang aneh dengan komputer, tidak ada salahnya jika anda mencoba mendengarkan aktifitas yang terjadi di CPU. Jika hardisk yang ada pada computer anda mengeluarkan suara yang tidak enak seperti bersiut atau berderit maka bisa dipastikan bahwa hardisk tersebut rusak dan harus segera anda perbaiki.
  4. Banyaknya file yang korup di dalam hardisk juga bisa menjadi salah satu indikasi ada kejanggalan pada hardisk.Maksud dari korupnya disini adalah korup atau rusaknya suatu file yang bukan dari awalnya atau sebelumnya file tersebut baik-baik saja, akan tetapi setelah terjadi eror maka hardisk yang asalnya normal menjadi korup.
  5. Bad sector juga bisa menjadi salah satu cara yang menarik untuk melihat apakah hardisk anda rusak atau tidak. Jika di dalam harddisk ada bad sector dalam jumlah yang banyak, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera menyelamatkan data Anda sebelum semua data yang ada rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector melalui sebuah aplikasi bawaan yang ada pada Windows. Jika anda menggunakan Windows 7, buka Start,kemudian Computer, kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda lihat dan anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools dan pilih Check now. Kemudian Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors
Cara di atas merupakan sebagian dari cara yang bisa anda ketahui dengan mudah, akan tetapi jika anda ingin Cara Cek Hardisk Yang Rusak dengan lebih mudah lagi maka anda bisa menggunakan aplikasi bawaan pada computer yang sedang eror.

Ada beberapa aplikasi yang dapat memprediksi kapan hard disk Anda rusak. Aplikasi tersebut bekerja dengan membaca data SMART Self - Monitoring, Analysis, Reporting dan Technology yang dicatat oleh sistem operasi. Namun hampir sama halnya dengan metode yang lain cara ini juga tidak terlalu tepat dan selalu dapat memprediksi dengan sangat akurat. Dalam beberapa kasus,hardisk bisa terlebih dahulu rusak sebelum aplikasi SMART ini memberitahu atau memperingatkan Anda. semua bisa terjadi dalam dunia tekhnologi dan yang harus anda lakukan adalah selalu update dengan semua perubahan yang terjadi,hal ini supaya anda bisa terbantu ketika sedang mengalami masalah dengan salah satu barang anda.