Cara Cek MAC Address Laptop Termudah dan Tercepat

Cara Cek MAC Address Laptop - Banyak orang yang bertanya, bagaimana cara cek MAC Address Laptop? Sebelum kita lebih jauh membahasnya, mungkin sebagian dari Anda masih belum paham apa itu MAC. Media Access Control Address merupakan alamat unik, yang berfungsi untuk mengidentifikasi PC/Laptop dalam jaringan sebuah komputer. MAC Address sendiri memiliki nama lain yakni Physical Address, Local Administration MAC Network atau Ethernet Address ini memiliki sebanyak 12 digit nomor yang umumnya disebut juga sebagai digit dari bilangan heksadesimal. 


mac address blackberry,mac address iphone,mac address di android,mac address di linux,mac address lewat cmd,mac address komputer,mac address laptop,cek mac address online,

Baca juga : Cara Cek Limit Kartu Kredit BCA Paling Cepat

Ada 2 Langkah Untuk Cek Media Access Control Address Laptop Yang Bisa Anda Gunakan Dengan Mudah

  • Cara mengecek MAC Address Laptop dengan Network Connections

Untuk mengetahui MAC Address Laptop yang pertama, kita bisa menggunakan cara cek MAC Address Laptop melalui Networks connections. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pertama-tama klik terlebih dahulu tombol start pada laptop atau PC Anda.
  2. Kemudian lanjutkan cara berikutnya dengan melihat kode MAC Address di laptop Anda, lalu klik start kembali dan pilih menu control panel.
  3. Setelah itu, Anda bisa memilih “View Network Status and Tasks” di bagian icon Networks ini Anda bisa mengklik WLAN/LAN untuk melihat kode MAC Address dan akan muncul menu windows WiFi status, lalu klik detail.
  4. Jika sudah muncul kode MAC Address-nya di bagian window Networks connections details, maka Anda bisa mencatatnya.
  • Cara mengecek MAC ADdress Laptop dengan Command Prompt

Untuk melakukan pengecekan MAP Address melalui Command Prompt pada laptop, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:
  1. Pertama-tama, tekan tombol secara bersamaan “start + R”.
  2. Langkah berikutnya anda bisa mengetik CMD, kemudian tekan OK atau dengan menekan ENter.
  3. Setelah itu, pada menu Command Prompt maka Anda bisa mengetikkan ipconfig/all.
  4. Jika Anda sudah melakukannya, maka Anda bisa melihat kode MAC ADdress di OS Microsoft pada PC atau laptop Anda. Ko0de MAC Address ini sebanyak 12 digit.
  5. Kemudian Anda bisa smskan sebanyak 12 digit MAC Address tadi yang berasal dari Ethernet LAN. 
  • Cara mengecek MAC Address Laptop bagi pengguna Linux

Untuk mengecek dan melihat MAC Address Laptop pada pengguna Linux sendiri, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama-tama buka konsol terlebih dahulu, untuk pengguna KDE sendiri bisa menekan tombol CTRL + F2 secara bersamaan atau buka menu run langsung.
  2. Setelah itu, ketik konsole pada bagian kolom isian lalu enter.
  3. Pada menu konsole, Anda dapat mengetikkan perintah ifconfig.
  4. Kemudian, Anda akan menemukan berbagai macam tulisan unik, maka Anda bisa mencari tulisan yang terletak di belakang huruf HW. 

Demikianlah cara cek MAC Address Laptop tercepat dan termudah untuk Anda. Semoga bermanfaat!