Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas

Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas - Sebenarnya bingung mau nulis apa malam ini, dan akhirnya aku putuskan untuk menulis. Hasil Sinkronisasi Dapodikdas karena beberapa teman operator sekolah banyak yang masih bingung mengetaui Hasil Sinkronisasi Dapodikdas, perlu diketahui, bahwa sekitar tahun 2011 dahulu pendataan pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa dan ditambah sarana dan prasarana sekolah telah didata menggunakan aplikasi yang benama Dapodikdas atau singkatan dari Data Pokok Pendidikan Dasar, aplikasi ini dibuat oleh pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan data yang terkoordinasi dari berbagai sumber dan langsung di input oleh elemen paling dasar yaitu SD, yang nantinya database ini akan menjadi sumber informasi untuk beberapa lembaga dan dapat dijadikan acuan untuk mengeluarkan tunjangan guru serta pendidik dan tenaga kependidikan. bahkan kalau tidak salah tahun 2013 kemarin database Dapodik ini sudah digunakan sebagai acuan pengucuran dana BOS untuk setiap sekolah yang telah dianggap optimal dalam pengisian data pada tahun sebelumnya.

Perkembangan aplikasi ini cukup cepat, mungkin bukan cepat dalam artian peningkatan kualitas aplikasi, namun menurut pengamatan aku, aplikasi ini terus di update karena banyak sekali bugs yang muncul pada aplikasi ini sejak pertama kali keluar. pada waktu pertama diluncurkan tahun 2011 lalu banyak operator sekolah yang mengeluh karena data yang telah mereka input banyak hilang dikarenakan proses input dan save yang ada diaplikasi ini mengalami eror atau gangguan, kemudian keluar update aplikasi dapodik yang baru dan menyempurnakan proses penyimpanan data yang telah diinput, selanjutnya update selanjutnya terus dibuat untuk menutupi bugs yang keluar dari aplikasi dapodikdas ini.

Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas

Baca juga : Cara Cek Pulsa XL

Perlu diketahui bahwa aplikasi dapodikdas ini pada 2011 sampai pertengahan 2013 lalu menggunakan aplikasi dekstop, dan pada pertengahan 2013 sampai saat ini menggunakan aplikasi berbasis web, namu aplikasi dekstop dan aplikasi berbasis web ini memiliki interface yang tidak jauh berbeda.

Berikut Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas

  1. silahkan buka browser di komputer atau laptop kamu buka chrome atau firefox 
  2. kemudian ketik url web berikut di adres bar http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
  3.  setelah halaman terbuka silahkan klik provinsi yang di inginkan 
  4. setelah provinsi terbuka akan muncul kumpulan kabupaten di provinsi tersebut 
  5. kemudia pilih kabupaten yang kamu inginkan 
  6. langkah selanjutnya kamu pilih kecamatan yang kamu inginkan 
  7. selanjutnya pilih sekolah tujuan yang akan dilihat hasil dapodikdas yang sudah di sinkronisasi 
Sangat kamu baru saja melakukan sinkronisasi dan sukses pada komputer atau laptop kamu, belum tentu data kamu akan langsung terupdate pada halaman web tersebut, karena Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas belum bersifat realtime sepertinya. dan sebaiknya setiap ada perubahan data diharapkan operator dapat mengulangi proses sinkronisasi data kembali dengan harapan data di server akan sama dengan data lokal di laptop atau komputer kamu, dan akan menjadikan data diserver terupdate.

Dibeberapa daerah banyak sekali operator yang mengeluh karena pengisian dan input data di apliasi dapodikdas ini banyak yang tidak dibayarkan, karena setahu saya pemerintah belum mengeluarkan juknis khusus untuk upah atau gaji para operator sekolah yang mengurus aplikasi dapodikdas tersebut.

dan sepertinya artikel Cara Cek Hasil Sinkronisasi Dapodikdas sudah lengkap apabila masih ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar agar dapat diperbaiki lag.