Langsung ke konten utama

Cara Cek Laptop Yang Rusak Dengan Mengetahui Ciri-Cirinya

Cara cek laptop yang rusak memang perlu diketahui oleh para pemilik laptop. PC atau laptop merupakan perangkat yang sudah banyak digunakan dalam berbagai macam kebutuhan. Setiap pekerjaan tentunya membutuhkan yang namanya laptop atau PC, tanpa laptop mungkin semua pekerjaan akan terbengkalai dan tidak bisa terselesaikan. Untuk itulah, laptop merupakan satu-satunya alat atau perangkat komputer yang paling dekat dengan aktivitas sehari-hari manusia. Akan tetapi, dalam penggunaannya itu sendiri tak jarang kita menjumpai laptop yang mengalami kerusakan. 

laptop 32 bit atau 64 bit,cara cek laptop bekas,cara cek laptop,laptop acer,cara cek laptop asli,cara cek laptop bagus,cara cek laptop asus asli,cara cek laptop baru atau bekas,

Baca juga : Cara Cek Laporan BOS Online

Kerusakan pada laptop atau PC sendiri tentunya bisa menghambat pekerjaan kita. Untuk itulah, sangat penting untuk mengetahui cara cek laptop yang rusak. Kerusakan yang terjadi pada laptop sendiri cukup beragam, ada jenis kerusakan yang bisa diatasi dengan mudah dan ada juga yang memang membutuhkan waktu hingga perlu di bawa ke service center. Setiap kerusakan yang terjadi pada perangkat laptop sendiri umumnya memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Berikut Ini Ulasannya

  • Kerusakan Pada Memori Laptop

Jika terjadi kerusakan pada memori laptop, biasanya ketika laptop dihidupkan maka tidak akan terdapat tampilan pada layar laptop sama sekali. Ketika laptop sedang loading maka biasanya terjadi blue screen. Selain itu, terkadang juga keluar bunyi “beep-beep” secara berulang.
  • Kerusakan Pada LCD

Kerusakan yang terjadi pada LCD laptop ini umumnya pada layar tidak akan tampil gambar, kemudian tiba-tiba muncul garis vertikal lalu akan tampak sebuah blok berwarna hitam dengan gambar yang acak. Adapun cara cek laptop yang rusak di bagian LCD ini adalah bisa dengan mengecek bagian soket atau konektor terlebih dahulu yang langsung terhubung pada monitor. 
  • Kerusakan Pada Keyboard

Untuk mengetahui kerusakan pada bagian keyboard laptop sangat mudah, dimana ketika Anda mengetik huruf atau angka maka ada beberapa tuts yang tidak berfungsi. Selain itu, akan muncul suara beep yang panjang ketika laptop dinyalakan, bagian cursor juga tiba-tiba akan bergerak sendiri. Untuk cara cek laptop di bagian keyboard yang rusak parah ini, umumnya akan terjadi konslet sehingga membuat laptop melakukan restart secara berulang-ulang. 
  • Kerusakan Pada Motherboard

Untuk mengetahui ciri-ciri kerusakan pada motherboard, maka laptop biasanya agak sulit untuk dihidupkan, dan mati total. Biasanya indikator bagian chargernya menyala, namun setelah dicas maka lampu indikator yang terdapat pada casan akan mati atau konslet. Hal ini dikarenakan di bagian powernya terjadi arus balik. Kerusakan pada motherboard ini sangat umum terjadi. 
  • Kerusakan Pada CD Room Laptop

Kerusakan yang umum terjadi pada laptop adalah di bagian CD rol laptop itu sendiri. Adapun ciri-cirinya adalah laptop tiba-tiba tak bisa membaca CD yang dimasukkan, kemudian bagian indikator CD-nya tiba-tiba mati. 

Nah, itulah beberapa cara cek laptop yang rusak dengan ciri-ciri kerusakan perangkat laptop. Semoga bermanfaat!


Theme Editor by Seo v6